-->

Selamat Hari Ayah Untuk Nyak Cut


Selamat Hari Ayah Untuk Nyak Cut
(Karya: M Yusrizal Latief)
(Kecerian Penulis dengan anak-anak Jailolo, Halbar Maluku Utara. 03/10/2018)
Senin itu sesudah upacara bendera, ia keluar kelas sambil menyeka air mata, Nyak Cut dijemput Ramlah tetangganya menggunakan sepeda ontel.

Suara seolah tembakan salvo tadi malam sudah merenggut nyawa ayahnya di belantara sana. Tengah malam tadi Pakwa Rasyid ayahnya Nyak Cut dijemput aparat, dalih punya dalih Wa Rasyid memberikan bantuan sembako untuk Tentara Nanggroe yang turun kampung. Dan cuak (inteligen) telah berhasil membeberkan berita ini ke telinga Pasukan Republik.

"Ya Allah......." Makwa Ruhaimah maknya Nyak Cut histeris melihat jenazah suaminya yang barusan saja dibawa turun warga ditandu menggukan goni. Kaliber senjata Tentara Republik memecahkan tengkorak lelaki malang itu. Dengan kopiah yang dikenakan semalam sesudah salat Isya, isi kepala Wa Rasyid dikumpulkan.

Aku dan kawan-kawan SD lainnya melihat Nyak Cut terisak sambil mengguncang tubuh ayahnya yang terbujur kaku. Baju merah putih SD yang dikenakan Nyak Cut penuh dengan bercak darah seolah menggambarkan peta-peta tanah Republik ini.

(Selamat Hari Ayah, untuk Nyak Cut dan anak-anak yang dikejami negeri)

Gampong Laksana, 12 November 2018
M Yusrizal Latief

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email

Post a Comment

Copyright © | by: Me